Surat Himbauan Lindungi Privasi Para Mantan

Surat Himbauan Lindungi Privasi Para Mantan

Dokumentasi 1 Comment on Surat Himbauan Lindungi Privasi Para Mantan

Belum lama, beredar e-poster di masyarakat mengenai acara Festival Melupakan Mantan pada 11-13 Februari 2017 mendatang di Yogyakarta. Kami merespon positif acara tersebut namun ada kekhawatiran privasi orang-orang yang dianggap mantan akan dilanggar. Oleh karena itu, kami mengirim surat himbauan ini kepada Panitia Penyelenggara Festival Melupakan Mantan pada Selasa, 7 Februari 2017.

Berikut ini surat kami:

Kepada Yth.

Panitia Penyelenggara 

Festival Melupakan Mantan

di tempat


Salam hormat,

Perkenalkan kami dari Forum Demokrasi Digital (http://demokrasidigital.net/) atau disingkat FDD. FDD adalah sebuah forum yang terdiri dari aktivis, akademisi, jurnalis, pengambil kebijakan dan praktisi media digital yang mendiskusikan mengenai praktek-praktek demokrasi di ruang digital.

Kami mendoakan supaya acara yang Anda selenggarakan berjalan dengan lancar. Kami merespon baik acara-acara kreatif yang dibuat oleh anak bangsa. 

Terkait dengan itu, ijinkan kami memberikan masukan untuk acara ini agar bisa berjalan dengan lebih baik dan membawa dampak yang positif bagi generasi muda. 

Di dalam poster festival ini ada ajakan untuk membawa foto mantan untuk ditempel di galeri kenangan. Menurut kami, praktek demikian merupakan pelanggaran terhadap privasi individu yang dijamin oleh Pasal 28G (1) UUD 45 dan Pasal 29 UU 39/1999 tentang HAM. Selain kita tidak bisa mengontrol pose mantan yang ada di foto-foto tersebut juga akan menjadi persoalan tambahan jika orang yang ada di foto tersebut berusia 18 tahun ke bawah, yang mana usia tersebut masih menjadi subyek dalam UU Perlindungan Anak.

Ada resiko foto-foto orang yang dianggap mantan yang dipajang di galeri tersebut akan difoto ulang oleh pengunjung lantas disebarluaskan melalui media sosial tanpa bisa kita kendalikan dampaknya. Ini membuka celah hukum bagi pihak terkait untuk mempersoalkan hal tersebut.

Lain halnya jika yang dipajang di galeri adalah barang pemberian mantan, potensi untuk melanggar privasinya lebih kecil.

Demikian masukan dari kami, semoga dapat direspon dengan baik dan membawa manfaat yang baik bagi kita semua.


Salam hormat,

Forum Demokrasi Digital

Semoga berakhir baik dan positif.

Share:

Author

Forum Demokrasi Digital
Forum Demokrasi Digital

Forum Demokrasi Digital adalah forum terbuka bagi mereka yang memperjuangkan demokrasi digital untuk semua, tanpa kecuali. Forum Demokrasi Digital berawal dari dorongan merevisi UU ITE yang pada dasarnya harus memenuhi hak berpolitik (berpendapat dan berpartisipasi) di internet, dan bukan malah mengebirinya. Forum ini mengundang Anda yg tertarik untuk berdiskusi mengenai demokrasi digital di Indonesia, dulu, ini , dan masa depan.

Related Articles

1 Comment

Leave a comment

Back to Top

Didukung oleh: