Jawaban dan Tanggapan Positif Panitia FMM 2017

Jawaban dan Tanggapan Positif Panitia FMM 2017

Dokumentasi No Comments on Jawaban dan Tanggapan Positif Panitia FMM 2017

Terima kasih atas perhatian mas Seto Prayogi dan kawan-kawan panitia Festival Melupakan Mantan yang memberi tanggapan positif atas surat himbauan kami untuk menjaga privasi para mantan kemarin. Dengan ini, kami menyatakan masalah ini sudah jelas dan selesai.

Forum Demokrasi Digital

Berikut isi salinan isi surat:

Klarifikasi Panitia Festival Melupakan Mantan tentang Surat Himbauan Lindungi Privasi Mantan 

Pada hari Selasa (7 Februari) beredar Surat Himbauan Lindungi Privasi Para Mantan melalui email kami (info@festivalmelupakanmantan) dan alamat website http://demokrasidigital.net/blog/surat-himbauan-lindungi-privasi-para-mantan/ dari Forum Demokrasi Digital (FDD) mengenai konten ‘membawa foto mantan’ dalam acara Festival Melupakan Mantan (FMM).

Saya Seto Prayogi selaku penanggung jawab acara ini sekaligus mewakili rekan-rekan panitia Festival Melupakan Mantan mohon maaf bila konten yang kami buat terlihat sensitif dan berpotensi memunculkan pelanggaran privasi seperti yang dijelaskan dalam surat himbauan tersebut. Adapun kami tidak memiliki maksud dan niatan untuk membuat konten ini menjadi ajang bully ataupun sarana negatif lainnya. Seperti yang kami jelaskan dalam release yang telah diterbitkan oleh KR online http://krjogja.com/web/news/read/23741/11_13_Februari_2017_Festival_Melupakan_Mantan kami telah membuat beberapa persyaratan dan prosedur untuk konten yang kami buat sekaligus menjadi filter untuk mencegah hal-hal yang dkhawatirkan di atas terjadi.

Namun melihat situasi dan kondisi yang berkembang serta melalui diskusi dengan berbagai pihak, kami panitia Festival Melupakan Mantan sepakat untuk MENGGANTI konten tersebut. Dalam Acara Festival Melupakan Mantan nanti, kami tidak akan menggunakan gimmick membawa dan menempelkan foto mantan. Konten ini akan kami gantikan dengan mengajak audience untuk membuat abstraksi dan coretan karya tangan mereka yang menceritakan tentang kenangan dan nilai yang didapatkan dari mantan dan masa lalu.  Coretan karya tangan audience ini nantinya yang akan dipajang dalam galery terbuka dan menjadi karya bersama para pegiat masa lalu (sebutan kami untuk para audience FMM)

Hal kedua yang ingin kami sampaikan adalah, kami berharap hal ini kemudian tidak menjadi alat provokasi bagi pihak manapun baik dari kami panitia FMM sendiri maupun pihak luar yang dengan sengaja ataupun tidak sengaja sehingga membuat opini masyarakat menjadi liar. Agar seperti tujuan dan harapan kita bersama, semoga acara ini menjadi ajang kreatifitas dan membawa pesan-pesan baik dalam masyarakat.

Demikian klarifikasi dari kami panitia Festival Melupakan Mantan, semoga hal yang kami lakukan dapat menjadi pelajaran bersama untuk kegiatan yang lebih positif. 

Salam,

Setoprayogi

Share:

Author

Forum Demokrasi Digital
Forum Demokrasi Digital

Forum Demokrasi Digital adalah forum terbuka bagi mereka yang memperjuangkan demokrasi digital untuk semua, tanpa kecuali. Forum Demokrasi Digital berawal dari dorongan merevisi UU ITE yang pada dasarnya harus memenuhi hak berpolitik (berpendapat dan berpartisipasi) di internet, dan bukan malah mengebirinya. Forum ini mengundang Anda yg tertarik untuk berdiskusi mengenai demokrasi digital di Indonesia, dulu, ini , dan masa depan.

Related Articles

Leave a comment

Back to Top

Didukung oleh: